BANJARHOT NEWSKALSELPENDIDIKANSOSIAL

BPBD Kabupaten Banjar bersama Ketua TP PKK Kabupaten Banjar gelar acara Pelatihan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA)

PESISIR MEDIA.COM MARTAPURA – Untuk yang Pertama kalinya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar beserta jajaran bekerja sama menggelar acara Pelatihan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) Rabu pagi (25/10/2023) di Aula Kecamatan Martapura Kota.

Sasaran pelatihan ini pun menyasar para ibu rumah tangga. Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tyas M Pd bersama BPBD Kabupaten Banjar ini dalam arahannya memaparkan edukasi untuk para ibu rumah tangga asal Desa Labuan Tabu dan Desa Bincau

“Sasaran kita yakni ibu rumah tangga karena ada potensi kecelakaan atau bencana yang bisa terjadi di rumah dan bisa mengakibatkan ibu rumah tangga menjadi korban,” ujar Hj Nurgita Tyas.

Dalam pelatihan hari ini para ibu rumah tangga diajarkan bagaimana caranya untuk menangani kebakaran yang diakibatkan kompor dan kebocoran gas yang didemonstrasikan oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar.

Selain itu, para ibu rumah tangga yang hadir juga diberikan tas darurat. yang mana Tas tersebut diperuntukan untuk insiden darurat seperti kebakaran, kebanjiran dan bencana lainnya.

“Tas tersebut bisa diisi barang-barang darurat, P3K yang bisa digunakan tanpa ada arahan atau resep dokter, dan dokumen penting yang sudah disiapkan ketika kita harus segera mengevakuasi diri,” ujar Hj Nurgita Tyas.

Istri dari Bupati Kabupaten Banjar itu juga berharap untuk para ibu rumah tangga lebih aware dan tetap waspada dalam penanggulangan bencana yang kapan saja bisa terjadi di lingkungan rumah tangga.

“Saya juga berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan di lokus-lokus lain agar bisa menjangkau ibu rumah tangga di wilayah lainnya,” tutupnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Banjar, Warsita menambahkan dengan kegiatana yang digelar BPBD Banjar bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten banjar ini dapat menjadi langkah dan upaya pencegahan berbagai musibah dan kecelakaan yang dapat terjadi di dalam rumah. Peningkatan rasa waspada sangat penting untuk menjaga suasana rumah tangga dan keluarga tetap aman dan Kondusif.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!