BANJARHOT NEWSKALSEL

BPBD Kabupaten Banjar maksimal tangani karhutla

Pesisirmedia.com, Banjar – musim kemarau yang begitu panas terjadi saat ini merupakan dampak dari fenomena El nino yang melanda di provinsi kalsel tidak terkecuali wilayah kabupaten banjar. dampak dari fenomena tersebut berbagai kebakaran lahan mulai terjadi belakangan ini.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusdalops BPBD kabupaten banjar, per akhir bulan juli 2023 ini sebanyak 87 koma 7 hektar lebih lahan terdampak karhutla. khususnya di kabupaten banjar.

pemadaman kebakaran lahan yang dilakukan tim BPBD kab. Banjar

Kepala pelaksana badan penanggulangan bencana daerah BPBD kabupaten banjar, warsita. dirinya menghimbau “kepada masyarakat khususnya masyarakat kabupaten banjar untuk terus waspada dan mengurangi aktivitas pembakaran baik untuk lahan pertanian dan lainnya. Hal ini sebagai upaya mitigasi sejak dini dan upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan kabut asap yang dapat merugikan masayarakat secara umum dan mengganggu aktivitas ekonomi'”.

Tim BPBD Kab. banjar berjibaku dengan kebakaran lahan

pertanggal 28 juli jumat kemarin, sebanyak 30 an orang personil BPBD banjar disiagakan yang terbagi dari 4 regu dan kemudian dijadwal bertugas selama 24 jam. Adapun untuk peralatan yang digunakan sebanyak 3 unit truck tangki air, 3 unit pickup beserta peralatan pemadaman kepyok, jet shooter, mesin alkon, serta 2 unit motor trail.

Posko induk ada di kantor BPBD kabupaten banjar dan pos lapangan disiagakan, dan dibeberapa wilayah seperti di kecamatan martapura barat. Upaya yang dilakukan BPBD Banjar ini tidak hanya melakukan pemadaman akan tetapi mulai dari sosialisasi, untuk menggugah kesadaran masyarakat diantaranya pemasangan spanduk, patroli dan penanganan terpadu dilapangan bersama stakeholder terkait.

masyarakat tidak henti-hentinya diminta untuk terus waspada dan peduli kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dan lainnya. fenomena El Nino yang terjadi akibat kemarau yang melanda saat ini merupakan siklus 4 tahunan yang menjadi pelajaran penting untuk kita semua dalam menjaga lingkungan. masyarakat jangan segan untuk terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam hal ini BPBD setempat agar dampak karhutla tidak merugikan kita semua. (ant/pssr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!