TANAH BUMBU

Bupati sampaikan LPj APBD 2022

Pesisirmedia.com, BATULICIN – Bupati H.M. Zairullah Azhar melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, Andi Aminuddin menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (7/6/2023) di Ruang Rapat DPRD Tanbu.

LPj disampaikan saat Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Tanbu Andrean Atma Maulani, SH.

Bupati dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Andi Aminuddin menyampaikan sesuai ketentuan Pasal 69 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka Kepala Daerah wajib menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban, dan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Lanjutnya, kebijakan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022, memperhatikan tema dan prioritas pembangunan nasional serta tema dan prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang diterjemahkan lebih lanjut pada sasaran pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu sebagaimana tertuang pada Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026.

Dia mengatakan visi Kabupaten Tanah Bumbu yang termuat pada RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026 adalah “Membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius dan Demokratis”.

Visi tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam upaya pencapaian melalui 5 (lima) misi, yakni, Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Produktif dan Ber Akhlak Mulia, Mewujudkan Infrastruktur Wilayah yang Mantap untuk Menopang Daya Saing Pelayanan Publik dan Perekonomian, Mewujudkan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Arif dengan Memperhatikan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan, Mewujudkan Perekonomian Daerah Berbasis Pengembangan Potensi Maritim dan Agroindustri, dan Membangun Tata Kelola Pemerintahan yang Melayani, Sederhana dan Akuntabel.

Tema pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022 adalah “Memantapkan Sumber Daya Manusia yang Produktif dan Berakhlak Mulia untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan”. Tema tersebut mengandung makna dari beberapa kata kunci yang dibangun, yaitu: Memantapkan Sumber Daya Manusia yang Produktif, dimaknai bahwa masyarakat selaku subjek, dan pelaku pembangunan diharapkan agar mempunyai kualitas, dan kompetitif dalam partisipasi Pembangunan Daerah, Berakhlak Mulia, dimaknai membangun SDM Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki karakter kuat, bersikap dan berperilaku baik, menjunjung dan mengamalkan nilai- nilai agama menuju Tanah Bumbu Serambi Madinah, dan Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan, dimaknai bahwa setiap aspek pembangunan dan pergerakan roda perekonomian Daerah, menjadi strategi dan Kebijakan Daerah dalam rangka pemulihan dari dampak pandemi Covid-19 tahun 2020-2021.

Dia sampaikan pula Laporan realisasi anggaran, Tahun Anggaran 2022, yang terdiri atas Pendapatan Daerah terealisasi 111,74 Persen, yang terdiri dari, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, Dana Pemerintah Pusat, Pendapatan Transfer Antar Daerah, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah. Sedangkan untuk belanja daerah tahun 2022 dengan realisasi 94,50 Persen.

Untuk pembiayaan meliputi semua transaksi keuangan untuk menutup defisit, atau untuk memanfaatkan surplus. Defisit atau surplus terjadi apabila ada selisih, antara Anggaran Pendapatan Daerah dan Anggaran Belanja Daerah. Penerimaan pembiayaan Daerah dengan realisasi 100 Persen. Pengeluaran pembiayaan Daerah berupa penyertaan modal (investasi) kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan direalisasikan 33,33 Persen.

Selanjutnya, Pada Tahun 2022 Kabupaten Tanah Bumbu telah merealisasikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dengan capaian 71,79 Persen dari target sebesar 71,46 Persen — 72,20 Persen.

Kemudian pertumbuhan ekonomi Daerah tercapai 5,45 Persen dari target tahun 2022 yakni 4,30 Persen — 6,40 Persen.
Indikator makro pembangunan Daerah lainnya adalah, penurunan angka kemiskinan. Di tahun 2022 Kabupaten Tanah Bumbu berhasil menurunkan angka kemiskinan dengan capaian 4,26 Persen dari target sebesar 4,29 Persen – 4,19 Persen.

Dia paparkan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya mengerahkan segenap sumberdaya dan potensi yang ada, untuk mewujudkan masyarakat Tanah Bumbu yang mandiri dan sejahtera.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan penyelenggaraan Pemerintahan demi mewujudkan visi dan misi pembangunan hingga 2026 mendatang. Keberhasilan dalam capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan tahun 2022 ini berkat dukungan dan peran serta legislatif, eksekutif dan masyarakat Tanah Bumbu,”ujarnya.

“Untuk itu, kami harapkan saran dan masukan dari pimpinan dan anggota dewan yang terhormat untuk perbaikan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan tahun berikutnya,”Tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!