HOT NEWSKALSELPENDIDIKANTANAH BUMBU

Dinas Pendidikan Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Mulok

BATULICIN – Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar workshop penyusunan kurikulum Muatan Lokal (Mulok) jenjang SMP Negeri dan Swasta.

Workshop tersebut di gelar di SMPN 1 Simpang Empat, 25-27 September 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Tanbu Amiluddin melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Ahmad Subari membuka workshop penyusunan kurikulum mulok tersebut.

Ahmad Subari mengatakan sesuai Peraturan Perundang-undang, Mulok menjadi wewenang Pemerintah Daerah.

Ia menambahkan  penyusunan mulok  melibatkan sejumlah guru, khususnya jenjang SMP.

“Ada empat draf yang di usulkan para guru tersebut kepada Dinas Pendidikan. Draf itu akan menjadi acuan dalam menetapkan pelajaran mulok di Tanah Bumbu,” ungkapnya.

Selanjutnya para guru dan Dinas Pendidikan, menindaklanjuti perangkat pembelajaran dengan modul ajar sesuai konsep kurikulum Merdeka Belajar.

Muatan Lokal ini, sambung Subari merupakan hasil cipta karya dari 120 guru yang hadir pada workshop penyusunan kurikulum mulok.

Dari hasil karya tersebut, akan menjadi rumusan dan akan menjadi Peraturan Bupati serta akan di ajarkan di sekolah-sekolah.

Mulok merupakan program pendidikan dalam bentuk mata pelajaran yang materi dan media penyampaiannya di kaitkan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, serta kebutuhan daerah yang wajib di pelajari oleh peserta didik di masing-masing daerah.

Muatan Lokal adalah bahan kajian yang di maksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap potensi di daerah tempat tinggal mereka. (Fit)

Sumber : https://mc.tanahbumbukab.go.id/amp/dinas-pendidikan-gelar-workshop-penyusunan-kurikulu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!