TANAH BUMBU

Gelar Silaturahmi dan Rapat Koordinasi, Abah Bupati Zairullah Ingatkan Peran, Tugas dan Tanggung Jawab RT Dalam Melayani Warga

BATULICIN, Menggelar silaturahmi sekaligus rapat koordinasi bersama forum RT se Kabupaten Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar mengingatkan kembali pentingnya peran, tugas dan tanggung jawab RT dalam melayani warganya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri rakor bersama forum RT di Kantor Kecamatan Sungai Loban, Selasa (23/05/2023).

Kedatangan Abah Zairullah beserta rombongan disambut hangat oleh Camat, seluruh Kepala Desa dan RT se Kecamatan Sungai Loban.

Abah Zairullah Azhar mengatakan pertemuan ini akan menjadi sejarah untuk Kabupaten Tanah Bumbu, karena pertemuan ini berbicara mengenai peran RT, karena kekuatan desa akan semakin tajam dengan memperkuat peran RT.

Sebagai seorang pemimpin seperti Camat, Kepala Desa dan Ketua RT merupakan suatu berkah ketika selalu siap dan ikhlas melayani masyarakatnya, dan dengan membangun silaturahmi maka tugas dan tanggung jawabnya dalam mendukung kepala desa akan semakin kuat.

Memiliki tugas dan tanggung jawab harus dipertanggungjawabkan dengan dijalankan dan dilaksanakan, terkhusus masalah sosial diantaranya anak yatim jangan sampai terbengkalai, janda, difabel dan penyandang disabilitas, warga miskin khususnya miskin ektrim diharapkan untuk lebih diperhatikan.

Sehingga bantuan-bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah benar-benar tepat sasaran, dan dirasakan manfaatnya.

Ia juga berpesan untuk memperhatikan fasilitas Masjid, agar Masjid menjadi lebih indah dan anak-anak semakin betah ke Masjid sehingga mampu mencetak generasi penghapal Alquran.

Tanah Bumbu harus menjadi Kabupaten yang memberikan masyarakat peluang untuk terus berkembang dan maju, harus memiliki konsep mendorong orang-orang kuat untuk bersama-sama membangun, karena bentuk seperti ini lah sebagai wujud kita berterimakasih kepada masyarakat.

Sementara itu, Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag,.MAP menyampaikan RT harus memahami dan mengetahui update data warganya, jumlah kepala keluarga, laki-laki maupun perempuan, karena setiap bulan pasti ada perubahan data baik penambahan maupun pengurangan penduduk, seperti ada yang melahirkan atau meninggal dunia, pindah ataupun datang.

Ditambahkan Camat, dari total 147 RT se Kecamatan Sungai Loban, RT harus memahami dan mengetahui kriteria penduduk, seperti kriteria lansia, jompo dan yatim piatu, agar mempermudah dalam penyaluran bantuan.

Ia juga mengharapkan RT untuk mengetahui potensi wilayahnya, apakah memiliki wisata atau UMKM yang perlu dikembangkan, dan turut serta memperkenalkan dan membantu dalam peningkatan produk maupun kemasan produk tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!