BANJARBARU

Kegiatan eksplorasi tanaman langka khas Kalimantan di tahun 2022 ini, makin ditingkatkan

Pesisirmedia.com, BANJARBARU – Dari hasil eksplorasi, nantinya akan dibuat demplot khusus tanaman langka di areal Persemaian Permanen BPTH dan areal TH2TI kawasan Pusat Perkantoran Pemprov. Kalsel.

Seturut itu, Selasa (26/4) lalu, dilakukan koordinasi oleh Paidil, Kasi Produksi dan Peredaran Benih ke KPH Balangan, dengan menghadirkan Hanif Wicaksono, praktisi tanaman langka di wilayah tersebut.

Hasilnya, rencana kegiatan ekplorasi itu akan dibantu sepenuhnya oleh Hanif, khususnya di wilayah Kabupaten Balangan dan sekitarnya.

Berdasarkan hasil inventarisasi sementara, direkomendasikan setidaknya 20 jenis dari genus Artocarpus, Durian, Bindang, Kepayang, Lowa, Kalangkala, Nyawai, Asam Tandui, Kapul, Canarium, Kandis Gajah dan jenis-jenis Tarap.

Selain dari jenis-jenis buah-buahan, juga masih banyak jenis family Dipterokarpa dan jenis Ficus yang bisa di ekplorasi ke depannya.

KPH Balangan sendiri, siap mendukung BPTH dalam upaya eksplorasi tanaman langka di wilayahnya. Rencananya kegiatan akan dimulai pada minggu kedua bulan Mei 2022.

Selain melaksanakan koordinasi, di Persemaian KPH Balangan juga dilakukan monitoring dan evaluasi. Direkomendasikan agar melakukan revisi target produksi bibit, yang dikhususkan untuk jenis Jengkol dan Petai sebanyak 25.000 batang.

Pertimbangannya bahwa kebutuhan jenis lain terutama jenis kayu-kayuan akan dipersiapkan dari persemaian BPDAS Barito dan Persemaian BPTH. Sehingga anggaran biaya produksi bibit juga menyesuaikan. (aco/prods)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!