HOT NEWSSPORT

Kota Banjarmasin Juara Umum Portada 2023

Pesisirmedia.com, BANJARMASIN – Kota Banjarmasin berhasil keluar sebagai juara umum dalam event Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portada) Provinsi Kalsel tahun 2023. Dengan merebut tiga macam inorga, yakni Engrang, terompah panjang dan hadang.

Kegiatan Portada Kalsel resmi dibuka perdana pada 15 Maret 2023,mempertandingkan lima macam induk organisasi olahraga (Inorga) yaitu Sumpitan, Enggrang, Balogo, Terompah Panjang dan Hadang dan ditutup pada 17 Maret 2023 di Gor Hasanuddin HM.

“Sebagai juara umum dengan perolehan medali terbanyak diraih Kota Banjarmasin,” ujar Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono, Sabtu malam (18/3/2023).

Sesuai kesepakatan bersama Dispora, Kormi dan Inorga kata Budi bahwa yang menjadi terbaik dalam pekan olahraga tradisional ini akan berangkat mewakili Kalsel dalam ajang nasional.

“Para pemenang dalam Portada ini akan diberangkatkan di Fornas (Festival Olahraga Rekreasi Nasional) ke-7 Jawa Barat pada Juli 2023 mendatang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus, Rijal Hamid menyampaikan dari lima Inorga yang dipertandingkan, Balogo paling banyak diminati peserta.

Secara keseluruhan kata Rizal animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan olahraga tradisional ini cukup besar, dan lebih dari 700 pegiat di Kalsel yang ikut berpartisipasi.

“Potensi para atlet juga sangat luar biasa dari kabupaten/kota. Bisa kita lihat sendiri para juara memang yang terbaik dari yang baik di Kalsel,” ucapnya.

Melihat animo masyarakat dari 5 Inorga yang dipertandingkan ini cukup besar, kedepan kata Rizal tidak menutup kemungkinan Dispora akan mengelar lebih banyak Inorga lainnya.

Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portada) Provinsi Kalsel, resmi digelar di Gor Hasanuddin HM, Banjarmasin. Event ini merupakan yang perdana digelar di Bumi Lambung Mangkurat.

Portada dibuka secara langsung Gubernur Kalsel melalui Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil, dihadiri Kepala Badan Kesbangpol, Heriansyah, Kadispora H Hermansyah, Kabid Pembudayaan Olahraga Budiono dan Kasi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, Rijal Hamid. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 15 -18 Maret 2023. Tempat lomba di GOR Hasanuddin HM dan lapangan SKB Mulawarman.

Menurut Ketua Portina (Persatuan Olahraga Tradisional Nasional) Kalsel sebagai panitia pelaksana, DR Agus Febrianto, Portada 2023 mempertandingkan lima macam olahraga tradisional (oltrad) yaitu Sumpitan, Enggrang, Balogo, Terompah Panjang dan Hadang.

‘’Kegiatan yang pertamakali digelar ini sepenuihnya didukung oleh Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel, diikuti ratusan atlet dari beberapa kabupaten/kota di Kalsel, ‘’ jelas Agus Febrianto.

Gubernur Kalsel H Syahbirin Noor dalam sambutan tertulis dibacakan, Subhan Noor Yaumil, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan Portada, sebagai upaya membangkitkan kembali olahraga tradisional yang banyak tenggelam karena pengaruh modernisasi.

“Event ini bertujuan agar olahraga tradisional jangan sampai punah. Sekaligus juga mengedukasi kepada generasi-generasi muda untuk melestarikannya,” papar Subhan.

Melalui permainan ini pula kata Subhan menjadi ajang bernostalgia mengingat masa lalu (anak-anak) selain itu untuk memajukan olahraga tradisional asli dari Kalsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!