HOT NEWSSOSIAL

Mensos Risma Minta Distribusi Bantuan Logistik ke Lokasi Bencana Dipercepat

Pesisirmedia.com, – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menekankan pentingnya peran pimpinan dan staf di sentra milik Kemensos dalam penanganan bencana.

Salah satu aspek penting dalam penanganan bencana adalah penyiapan lumbung sosial. “Kami merasa kagok karena tidak semua sentra bisa menangani bencana. Seharusnya, pegawai dan staf di semua sentra memahami cara meningkatkan kesiagaan dalam penanganan bencana,” ungkap Risma di kantor Kemensos, Senin (9/5).

Termasuk segera mengirimkan buffer stock, peralatan bencana, dan kebutuhan kebencanaan lain ke lokasi bencana. Penanganan bencana menjadi perhatian penting Mensos sejalan dengan tingginya potensi bencana di Indonesia. Kawasan terdampak bencana kerap berada di lokasi dengan akses terbatas.

Karena itu, sentra-sentra Kemensos yang tersebar di berbagai daerah perlu bergerak cepat untuk memastikan bantuan segera diterima masyarakat terdampak bencana. Kemensos memiliki gudang logistik di Makassar. Namun, gudang logistik tersebut masih cukup jauh dari lokasi bencana.

Misalnya, saat bencana terjadi di Kepulauan Selayar. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk sampai ke lokasi bencana.

“Dengan perahu, membutuhkan waktu 16 jam ke Selayar. Sekarang kami membangun lumbung sosial di sana dengan berbagai peralatan kebencanaan. Dengan demikian, apabila terjadi kondisi darurat, kami siap kapan saja,” kata Risma. Dibangun di lokasi terdekat, lumbung sosial bisa memastikan masyarakat terdampak bencana mendapatkan sarana yang dibutuhkan. Lumbung sosial tidak hanya berisi kebutuhan logistik dan makanan, tetapi juga beberapa kebutuhan yang menopang kelangsungan kehidupan sosial masyarakat. Selain bahan makanan, ada genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, tenda keluarga, tendon air, kids ware, food ware, dan kebutuhan bahan pokok. Mensos Risma juga menekankan urgensi pimpinan dan staf di sentra untuk meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) dan instansi terkait lain. Dengan demikian, diharapkan rencana tersebut bisa berjalan efektif di lapangan. (mrk/jpnn)

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
“Mensos Risma Minta Distribusi Bantuan Logistik ke Lokasi Bencana Dipercepat”,
https://www.jpnn.com/news/mensos-risma-minta-distribusi-bantuan-logistik-ke-lokasi-bencana-dipercepat?page=2

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!