TANAH BUMBU

Pelajar SMAN 1 Simpangempat Tanbu Didatangi KPP Pratama Batulicin, Edukasi Tentang Pajak

Pesisirmedia.com, BATULICIN – Pelajar SMAN 1 Simpangempat Tanahbumbu, akhirnya paham pengertian pajak, manfaat hingga wajib pajak.

Itu bisa diketahui, setelah adanya upaya memberikan pemahaman kepada anak usia dini terkait pengenalan pajak oleh KPP Pratama Batulicin, di Aula SMAN 1 Simpangempat, Kamis (18/8/2022).

Pelajar kelas XII disekolah itu merupakan calon wajib pajak sehingga sejak sekarang dikenalkan apa itu pajak hingga wajib pajak.

Pasalnya, sebagian anak-anak tahu apa itu pajak dan sebagian lagi, masih belum tahu apa itu pajak. KPP Pratama Batulicin Goes to SMAN 1 Simpangempat Tanahbumbu (Tanbu) untuk memberikan edukasi tersebut.

Bahkan saat itu, pegawai pajak sempat melontarkan pertanyaaan terkait boleh membayar pajak di kantor pajak atau tidak. Namun, terlihat jawaban dari pelajar ini masih bervariasi karena ada yang membenarkan dan ada pula yang tidak membenarkannya.

Artinya, sebagian masih belum paham terkait pajak dan tempat membayarnya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batulicin, Argo Adhi Nugroho, mengatakan sengaja melaksanakan sosialisasi pajak ini kepada usia dini dan calon wajib pajak agar mereka paham, sejak dini dan tidak bingung.

” Kami mengenalkan pajak untuk membangun kesadaran pajak sejak dini karena mereka calon – calon wajib pajak. Jadi tujuannya untuk membangun disiplin pajak sejak dini, ” kata Argo.

Ketika mereka sudah menjadi wajib pajak maka mereka bisa sadar apa kewajibannya. Namun, sekarang ini mereka masih menjadi subjek pajak yang menikmati hasil pajak yang dibayarkan wajib pajak di Indonesia.

Mereka sekarang ini masih menjadi subjek dan nanti ketika berpenghasilan maka sudah secara otomatis menjadi wajib pajak.

” Jadi intinya, kami memberikan edukasi bahwa wajib pajak itu adalah ketika dia punya objek pajak maka dikatakan wajib pajak. Dan saat ini pelajar masih menjadi objek pajaknya, ” katanya.

Diketahui, Negara ini perlu membangunan Negeri dan mencerdaskan bangsa dan itu perlu biaya. Lantas darimana biayanya, tentunya dari pajak yang bersumber dari iuran masyarakat untuk membangun Negeri.

” Contoh kecilnya, pendidikan. Untuk membangun sarana pendidikan tentu saja dananya dari Negera dan itu sumbernya adalah pajak. Sederhananya seperti itu, agar mereka mudah memahaminya, ” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Simoangempat Tanahbumbu, Rokhim, menyambut baik dengam kegiatan KPP Pratama Batulicin ini yang memberikan pemahaman kepada pelajar, khususnya kelas XII.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!