BANJARBARUSOSIAL

Persiapan pelaksanaan MTQ,  DLH Kalsel lakukan identifikasi kebutuhan sarana kebersihan

Pesisirmedia.com, Banjarbaru – Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional yang dihelat pada Oktober 2022.

Untuk mensukseskan MTQ, seluruh pihak dilibatkan, tidak terkecuali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel. Pada ajang tersebut, DLH kebagian tugas sebagai koordinator bidang kebersihan, air, sanitasi dan lingkungan hidup.

Kepala Dinas LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana berharap, Kalsel tidak hanya menjadi tuan rumah yang baik, tetapi juga sekaligus dapat secara komitmen menerapkan kebijakan Gubernur  Kalsel terkait lingkungan hidup, salah satunya dalam upaya mengurangi sampah khususnya sampah plastik melalui Zero Single Use plastic Drinking Water atau Tanpa Air minum Dalam Kemasan Sekali Pakai sesuai SE Gubernur Nomor:  660/01655/DLH tanggal 8 November 2021.

“Sampah plastik saat ini masih menjadi isu dunia karena sifatnya yang sulit terurai dan akan berdampak negatif pada lingkungan hidup.  Penyelenggaraan kegiatan MTQ dan kegiatan lainnya diharapkan secara konsisten meniadakan penggunaan air minum dalam kemasan sekali pakai,” ujar Hanifah kepada kalselpos.com, Senin (14/3).

Disampaikannya, untuk persiapan pelaksanaan MTQ,  DLH telah melakukan identifikasi kebutuhan sarana Kebersihan, Air dan Sanitasi di 12 venue yang akan digunakan.  Ini dilakukan bersama pihak kabupaten/kota serta event organizer daerah.

Berdasarkan hasil identifikasi, beber Hanifah, ditindaklanjuti dengan permohonan fasilitasi kebutuhan kepada Kementerian terkait dan juga akan disediakan melalui anggaran APBD.

“Kebutuhan sarana yang harus dipenuhi dengan mempertimbangkan kapasitas venue adalah untuk fasilitas air bersih, air minum dan sanitasi serta fasilitas pengelolaan sampah dan limbah medis,” terangnya.

Hanifah juga menyampaikan sarana yang disiapkan DLH Provinsi Kalsel untuk membantu mensukseskan MTQ Nasional yakni Dump Truk sebanyak 12 unit, kendaraan roda tiga 12 unit, Mobil Tangki Air 3000 liter 3 Unit dan Mobil Toilet kapasitas 4 pintu sebanyak 10 unit.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!