DINAS KEHUTANAN KALSELHOT NEWS

Antisipasi Karhutla Dipuncak Musim Kemarau, Dishut Kalsel Bahas Pengendalian dan Penanggulangannya Bersama Pejabatnya

Banjarbaru – Dalam rangka menindaklanjuti dan mengevaluasi terjadinya Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) yang marak terjadi pada bulan Agustus 2023, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan Hj. Fathimatuzahra bersama para pejabat esselon 3 & 4 Dishut kalsel bersama Tahura Sultan Adam mengadakan Rapat Koordinasi yang bertujuan untuk membahas penanggulangan dan pengendalian Karhutla. Minggu siang (27/8).

Hj. Fathimatuzzahra dalam kesempatannya menyampaikan pengendalian dan penanggulangan Karhutla kedepannya juga ditindaklanjuti dengan pembuatan jalur dan embung dikawasan rawan titik api. Jalur tersebut selain bertujuan sebagai Jalur Wisata juga berguna untuk mempermudah jalur petugas Karhutla dalam pemadaman jika terjadi Karhutla dikawasan tersebut. Untuk rencana pembangunan embung bertujuan untuk penampungan air guna mempermudah tim Karhutla memadamkan api jika terjadi Karhutla dikawasan tersebut.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada Kabupaten/kota di provinsi kalimantan selatan agar dapat kita tanggulangi bersama” kata Hj. Fathimatuzzahra.

Ia juga memerintahkan kepada petugas patroli pengendalian Karhutla Dishut, KPH dan Tahura agar lebih intensif dan meningkatkan kunjungan ke lapangan melalui patroli pengendalian Karhutla.

Hj. Fathimatuzzahra menginstruksikan pula agar dilakukan penambahan anggaran untuk kegiatan pengendalian Karhutla di Tahun Anggaran 2024 mendatang, sehingga dapat lebih bisa mengantisipasi penanganan Karhutla didalam Kawasan Hutan.” Kata perempuan yang akrab disapa Aya tersebut.

Diharapkan instruksi dari Kadishut tersebut dapat dijalankan seluruh pejabat beserta staf nya masing-masing, agar optimalisasi pengendalian Karhutla dapat berhasil serta Program Revolusi Hijau yang diterapkan sejak tahun 2017 lalu dapat berjalan sukses dan memajukan pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!