TANAH BUMBU

Basarnas Banjarmasin Gelar Pelatihan Teknik Pertolongan Di Permukaan Air

Pesisirmedia.com, Batulicin – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, 19-25 juni 2023 menggelar pelatihan teknik  pertolongan di permukaan air. Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Medina, Kecamatan Kusan Hilir dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar 19/6.2023.

Kepala Seksi Sumber Daya Basarnas Banjarmasin, Dedi Youke Gosal mengatakan, pelatihan di ikuti sebanyak 5o peserta dari berbagai instansi terkait terutama putra Tanah Bumbu. “Ada sekitar 50peserta yang mengikuti,” kata Dedi Youke. Adapun tujuan  pelatihan SAR ini untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan teknik pertolongan dipermukaan air kepada potensi personil sesuai standar dan prosedur pelatihan SAR. Selain itu untuk Kemudian melatih kemampuan kerjasama dan koordinasi antara potensi dan kantor pertolongan Banjarmasin khususnya di wilayah Kalimantan Selatan. 

Dalam pelaksanaannya lanjutnya, memberdayakan potensi SAR diwilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, dan memberikan bekal keterampilan kepada potensi SAR tentang cara menyelamatkan diri kepada evakuasi musibah pelayaran dan musibah lainnya, serta kiat-kiat melakukan evakuasi korban. “pelatihan ini lebih meningkatkan keperdulian masyarakat tentang masalah yang berhubungan dengan kemanusiaan juga sebagai sarana pembinaan dan pemasyarakatan SAR”,terangnya. Ditempat yang sama Direktur Bina Tenaga Pencarian Dan Pertolongan Marsekal Pertama Tarjoni berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. 

Kepada para intruktur bisa memberikan pengetahuan terhadap potensi SAR sehingga para peserta dapat mengimplementasikan didalam kegiatan, baik itu pelaksanaan SAR udara, laut maupun SAR darat, serta pendukung bencana alam yang berkaitan dengan pencarian orang.

“Meskipun terbatas dalam mengadakan pelatihan pembekalan potensi SAR ini, diharapkan tetap bisa membantu pelaksanaan SAR apabila benar-benar terjadi musibah,” tandasnya.

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar dalam sambutanya sangat mendukung adanya pelatihan yang

dilakukan oleh tim SAR dari Banjarmasin, mengingat di Tanah Bumbu sering terjadi bencana alam seperti kebanjiran dan kebakaran. Utamanya daerah yang lokasinya berada di bantaran sungai di beberapa Kecamatan. “Waktu saya jadi Bupati pertama disini, banjir saat itu luar biasa melanda Tanah Bumbu, hampir 1/6 Tanah Bumbu tenggelam dan ketinggian airnya tidak tanggung-tanggung,” kata Zairullah.

Untuk memperkuat tim SAR,Bupati berencana memasukan anggaran pelatihan, agar kedepan bisa melakukan pelatihan lagi.

“Tolong dirancang berapa anggaran pelatihannya dan kami siap untuk melaksanakan kegiatan yang sama pada akan datang. Atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan rasa hormat dan terimakasih,” tutup Bupati.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!