BANJARHOT NEWS

BPBD Kabupaten Banjar gelar FGD Indeks Ketahanan Daerah

Pesisirmedia.com.Banjar- Badan penanggulangan bencana daerah kabupaten banjar melaksanakan kegiatan focus group discussion perhitungan indeks ketahanan daerah IKD pada rabu pagi di aula Kantor BAPPEDALITBANG Kab. Banjar. rabu pagi ( 26/7/2203).

Pada kegiatan IKD kali ini turut melibatkan dan dihadiri sejumlah satuan kerja perangkat daerah sekabupaten banjar. kegiatan IKD ini tidak lain membahas dan melakukan pengukuran sejauh mana indeks ketahanan daerah di kabupaten Banjar saat ini. adapun dalam Indeks Ketahanan Pangan ini memuat 7 prioritas dan 71 indikator
badan penanggulangan bencana daerah.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, Warsita menjelaskan “FGD yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Banjar ini sengaja dilaksanakan sebagai upaya untuk membahas perhitungan indeks ketahanan didaerah yang mana sudah menjadi indikator kinerja kepala daerah dan keberhasilan pembangunan dalam hal kebencanaan di masing masing daerah termasuk untuk Kabupaten Banjar.”

Kepala Pelaksana BPBD Kab. Banjar – Warsita.

Kegiatan FGD Indek Ketahanan Daerah ini juga guna menghimpun dan mendapatkan informasi serta data dari satuan kerja perangkat daerah SKPD terkait dalam hal pengisian kuesioner yang memuat tujuh prioritas dan 71 indikator yang ada pada IKD yang dimaksud

Adapun untuk hasil pengisian kuesioner nantinya akan diperoleh hasil penilaian untuk indeks ketahanan daerah kabupaten banjar tahun 2023 secara menyeluruh.

Tujuh prioritas dalam pengisian form penilian indeks ketahanan daerah diantaranya penguatan kebijakan dan kelembagaan, pengkajian resiko dan perencanaan terpadu, pengembangan sistem informasi diklat dan logistik, penanganan tematik kawasan rawan bencana, peningkatan efektifitas pencegahan dan mitigasi bencana, perkuatan kesiapsiagaan dan penanganan darurat bencana serta pengembangan system pemulihan bencana. warsita menambahkan dengan FGD yang digelar BPBD kabupaten Banjar kali ini dapat menjadi upaya mengantisipasi dan memitigasi segala kemungkinan yang terjadi terlebih pada saat terjadinya bencana dan sebagai upaya pendeteksi dini dan pencegahan kemungkinan terjadinya bencana didaerah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!