TANAH BUMBU

Forum Genre dan PIK Remaja Bersama DP3AP2KB Tanbu dan BKKBN Kalsel Gelar Pesantren Ramadhan

Pesisirmedia.com, BATULICIN – Forum Genre dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) Tanah Bumbu bersama BKKBN Kalimantan Selatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pesantren Ramadhan, di Aula SMA Negeri 1 Simpang Empat, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan digelar sekaligus untuk mengedukasi Gizi dan Pencegahan Anemia bagi Remaja, yang dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Simpang Empat diwakili Wakasek Bidang Kesiswaan, H. Rif’an, S.Pd kemudian dilanjutkan paparan materi tentang edukasi gizi dan pencegahan stunting.

Salah satu anggota PIK Remaja Tanah Bumbu Azmi Irfala mengajak untuk mengenali potensi diri sendiri, apa yang menjadi impian, dan aksi apa yang ingin dilakukan untuk menggapai impian tersebut sehingga mampu lebih mencintai dan menghargai diri sendiri.

Ditambahkannya, mencintai diri salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi, pangan bergizi tidak harus mahal yakni cukup memanfaatkan sayur disekitar dengan olahan yang sehat.

Selanjutnya Ketua Forum Genre Kalimantan Selatan Aqmal Firdaus mengatakan remaja harus membiasakan pola hidup sehat dengan sering berolahraga dan mengonsumsi gizi seimbang, istilah “Isi Piringku” dengan gizi seimbang perlu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi remaja dalam masa pertumbuhan, memperbanyak sumber protein sangat dianjurkan, di samping tetap membiasakan mengonsumsi buah dan sayur.

Disela kegiatan, Kepala Dinas P3AP2KB Tanah Bumbu Hj. Narni, SKM., M.Kes turut menyampaikan pencegahan stunting bukan hanya tugas pemerintah, namun gotong royong semua pihak, seperti : Faskes, masyarakat, orang tua, hingga hulunya adalah sekolah dan remaja, dimana remaja rentan terhadap anemia.

Edukasi ini diperlukan agar remaja dapat mengubah perilaku yang bisa mengarahkan pada peningkatan kesehatan gizi terutama guna mencegah anemia.

Upaya edukasi ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 siswa Menengah Atas dari kelas 10 dan 11, juga dihadiri oleh Koordinator bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (ADPIN), Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan, M. Ardani S.Sos, M.IP., Ketua Forum Genre Kalimantan Selatan Aqmal Firdaus, dan OPDKB Tanah Bumbu.

Setelah pemaparan materi, lalu dilanjutkan dengan minigames interaktif yang diikuti antusias oleh para siswa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!