TANAH BUMBU

Genjot Tingkatkan PAD Kadis Dkumdagri Kunjungan Ke Dirjen Metrologi Di Bandung Jawa Barat

Pesisirmedia.com, Batulicin – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Dkumdagri) Tanbu Hamaluddin Tahir bersama Kabid Perdagangan dan Metrologi H. Heriansyah, serta Pengawas Metrologi melakukan kunjungan ke Dirjen Metrologi di Bandung, Jawa Barat. Kunjungan ini terkait upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Timbangan Jembatan, Nozel SPBU/SPBN, dan Tangki ukur mobil. 

“Kami diterima sangat baik oleh Dirjen Metrologi ibu Sri Astuti beserta staf diruang kerjanya sàat kunjungan,” kata Hamaluddin, Rabu 7/6.2023. Lebih lanjut ujar dia, dalam kunjungan tersebut, Dirjen Metrologi sangat senang menerima informasi banyaknya potensi Kemetrologian didaerah dan Kendala yang dihadapi dari Regulasi yang ada, seperti tidak disebutkannya secara jelas untuk Tera Tum dan Tutsit untuk hasil produksi sawit (cpo).

Menurut beliau, ini akan menjadi bahan masukan sangat bagus dalam rencana pembahasan revisi Permendag

Nomor 67 dan 68 yang sudah tidak mendukung pada peningkatan PAD daerah.

Juga masih banyaknya peluang peningkatan PAD melalui Kemetrologian seperti tera kWh PDAM, tera kWh listrik, Tutsit, Timbangan Berjalan dan flowmeter alat yang dipakai untuk mengetahui aliran material gas dan cair yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu yang belum tersentuh.

Ia menyebut potensi untuk peningkatan PAD masih sangat terbuka karena Tanah Bumbu memiliki kawasan industri serta adanya kawasan pertambangan maupun perkebunan.

Untuk itu, kita harus mempersiapkan SDM dan alat standar yang sesuai agar bisa melaksanakan pelayanan kegiatan tera pada UTTP yang berpotensi PAD. Adapun salah satu usulan di sampaikan kepada Direktur Metrologi jelas Hamal, adanya prioritas untuk pelatihan penera dan pengawas kemetrologian UML Tanah Bumbu untuk melaksanakan diklat di Pusbin Kemetrologian Bandung agar bisa meningkatkan keahlian.

Sedangkan di Pusbin Kemetrologian Bandung, kita juga melihat secara langsung sarana prasarana Bangunan Instalasi untuk pelaksanaan Tera KwH Listrik dan Air serta peralatan Total

Stasion dan Flowmeter yang biasa dipakai untuk kegiatan peneraan. “Kami dari Dinas Kumdagri berpegang pada Permendag No 67 dan 68 tahun 2018 serta Perda Tanah Bumbu No 5 tahun 2018 berusaha semaksimal mungkin menggali potensi PAD melalui Kemetrologian dengan menjadikan Tanah Bumbu sebagai Daerah Tertib Ukur dimana Transaksi terjadi dengan Halal sesuai Visi Bupati abah Zairullah Azhar yaitu Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Medinah,” tandas Hamaluddin Tahir.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!