TANAH BUMBU

Gubernur Kal-sel Resmi Melantik 5 Anak Tanah Bumbu Menjadi FAD Provinsi Kal-sel

Pesisirmedia.com, BATULICIN, — Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sulkan resmi melantik 5 Anak Tanah Bumbu menjadi Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Kalimantan Selatan, pada acara Temu Forum Anak Daerah Kalimantan Selatan Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan, selama tiga hari terhitung 4 hingga 6 November 2022 di Ballroom Hotel 88 Banjarmasin.

Hal itu diungkapkan oleh Azmi Irfala melalui WhatsApp, setelah resmi dilantik sebagai Sekretariat Forum Anak Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (4/11/2022).

Adapun 5 anak Tanah Bumbu yang resmi dilantik meliputi Azmi Irfala sebagai Sekretariat, Aldi selaku Fasilitator, dan tiga pengurus yakni Muhammad Zaini, Nur Hikmah dan Sifa Rahmawati.

Sebagai upaya pemenuhan hak anak dalam pembangunan sesuai dengan amanat KHA dan Undang-Undang tentang Perlindungan Anak, pemerintah membentuk Forum Anak sebagai wadah partisipasi anak dalam menyalurkan aspirasi, suara, pandangan, keinginan, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Untuk memaksimalkan peran forum anak tersebut, maka diselenggarakan Temu Forum Anak Daerah Kalimantan Selatan dengan total peserta dan panitia berjumlah 66 orang terdiri Pengurus Forum Anak Daerah Kalimantan Selatan, dan Delegasi Forum Anak Kabupaten/Kota di 13 Kab/Kota se Kalimantan Selatan, serta 3 orang anak berkebutuhan khusus (ABK), 1 orang anak berhadapan dengan hukum, 13 anak sebagai fasilitator FAD dan 14 orang dari sekretariat FAD Kalsel.

Temu Forum Anak Daerah Kalimantan Selatan Tahun 2022 sebagai salah satu upaya dalam memberikan tambahan pengalaman, penanaman pendidikan karakter moral, kecerdasan, sportivitas, serta ketangguhan dalam berkarya yang dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan, festival dan penguatan kapasitas yang mendukung peningkatan kualitas dalam semangat berprestasi dan mampu menjadi Pelopor & Pelapor (2P).

Serta bangga menjadi anak Indonesia dengan tema “Aku Anak Kalimantan Selatan, Aku Siap BERGERAK (Berani, Bersinergi, Beraksi dan Berkolaborasi) Menginspirasi Banua”.

Adapun rangkaian Temu Forum Anak Daerah Kalimantan Selatan diawali dengan opening ceremony atau kegiatan pembukaan yang dirangkai dengan kegiatan pengukuhan forum anak daerah Kalimantan Selatan periode 2022-2024 oleh Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sulkan, sekaligus mendeklarasikan Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor sebagai Bunda Forum Anak Kalimantan Selatan dengan disaksikan tamu undangan, dan dilanjutkan dengan parade forum anak 13 Kabupaten/Kota.

Kemudian hari kedua, Sabtu (5/11/2022) pemberian materi berupa peran forum anak mewujudkan Kabupaten/Kota layak anak, konvensi hak anak, peran Pelopor dan Pelapor, serta internet sehat, dilanjutkan dengan Kirab Baju Adat Budaya Nusantara & kegiatan Sabigi Hintalu Gasan Anak (SHANAK) yaitu bagi-bagi satu telur kepada anak dalam rangka mendukung percepatan penurunan prevalensi stunting anak, dan pentas seni forum anak.

Hari ketiga, Minggu (6/11/2022), penanaman pohon dan penutupan sekaligus pengumuman pemenang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!