HOT NEWSSOSIAL

Jelang Ramadan, Kemensos Siap Salurkan Bantuan Donatur Rp1,5 Miliar

Pesisirmedia.com, Jakarta, – Kementerian Sosial akan menyalurkan bantuan dari DAIKIN bersama dengan Yayasan Benih Baik Indonesia (Benihbaik .com) sebesar Rp1,5 Miliar untuk kelompok rentan jelang Ramadan.

Risma mengakui jelang Ramadan banyak masyarakat yang mengajukan bantuan, namun karena keterbatasan anggaran pihaknya tidak bisa memenuhi semua. Sehingga, kontribusi dari mitra Kemensos bisa meningkatkan asupan nutrisi keluarga pra sejahtera selama menjalankan ibadah puasa.

“Kami tidak bisa membantu karena keterbatasan anggaran yang ada di kami. Karena itu, dengan adanya bantuan seperti ini, maka ini bisa membantu meringankan warga yang memang membutuhkan,” kata Risma di Gedung Kemensos, Senin (20/3/2023) 

1. Bantuan disalurkan ke warga yang hidup di kolong jembatan

Jelang Ramadan, Kemensos Siap Salurkan Bantuan Donatur Rp1,5 MiliarMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Selain mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bantuan juga menyasar pada PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) yang hidup di jalanan.

“Jadi yang tinggal di kolong jembatan atau beberapa titik ini kamu tahu tidak mempunyai identitas sehingga kami sulit memasukan (data Penerima Bantuan Kemensos) karena memerlukan alamat yang jelas, sehingga (mereka tidak punya identitas) kami bantu juga,” katanya.

2. Data penerima agar tidak simpang siur

Jelang Ramadan, Kemensos Siap Salurkan Bantuan Donatur Rp1,5 MiliarMenteri Sosial Tri Rismaharini gelar jumpa pers pemutakhiran DTKS di Kementerian Sosial pada Senin, (27/9/2021). (dok. Kemensos)

Andy F. Noya sebagai Founder dan CEO Benih Baik menyampaikan, kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan gotong royong dalam mendukung program-program pemerintah, terutama di Kementerian Sosial. 

“Pada dasarnya kami bekerja sama dengan Kementerian Sosial ini agar penerima manfaat ini betul – betul adalah orang yang membutuhkan. Jadi datanya juga tidak simpang siur,” ungkap Andy. 

3. Bantuan akan disalurkan di 17 titik di Indonesia

Jelang Ramadan, Kemensos Siap Salurkan Bantuan Donatur Rp1,5 MiliarMenteri Tri Rismaharini menyalurkan bantuan dari benih.com dan Daikin, Senin (20/3/2023)

Di kesempatan yang sama, CEO DAIKIN Indonesia Budi Mulia menjelaskan, sebagai pelaku usaha, pihaknya  terus menunjukkan kepeduliannya terutama pada kegiatan sosial. Melalui Program Roda – Roda Ramadan, DAIKIN Indonesia dapat berbagi dengan masyarakat pra sejahtera. 

Bantuan yang diserahkan berupa 3.460 paket bantuan terdiri dari 1.900 Paket Sembako untuk Masyarakat Umum Pra Sejahtera, 800 Paket Sembako untuk Panti Asuhan Disabilitas, 700 Paket Perlengkapan Sekolah untuk Anak-Anak dari Keluarga Pra Sejahtera, 15 unit kaki tiga dan 15 unit walker untuk Disabilitas, 15 unit tongkat lipat dan 15 unit jam bicara khusus Tuna Netra.

“Total bantuan yang diberikan senilai Rp 1,25 Miliar. Selanjutnya, bantuan tersebut akan disalurkan di 17 titik di wilayah Indonesia,” katanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!