BANJARBARUDINAS KEHUTANAN KALSELHOT NEWSKALSELKEHUTANANSOSIAL

Kasi Pengendalian Karhutla Dishut Kalsel Pimpin Apel Senin Bersama

PESISIR MEDIA.COM, Banjarbaru – Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melaksanakan Apel Senin Pagi Bersama di halaman Kantor, Senin (27/05).Apel dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi) pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Dishut Kalsel Bambang Marwanto, dihadiri para pejabat esselon 3 dan 4 serta seluruh Staf Dishut Prov Kalsel. Dalam amanatnya, Kasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Dishut Kalsel Bambang Marwanto menginformasikan arahan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dalam upaya penanggulangan bencana dengan penguatan regulasi.

Dalam upaya penguatan regulasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui BPBD Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Lending Sector terkait kebencanaan akan melaksanakan revisi Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2008 tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

“Poin penting yang akan direvisi yaitu terkait penataan lahan guna pengendaliaan Kebakaran Hutan dan Lahan, di mana lahan-lahan yang terlantar atau lahan-lahan yang tidak diurus oleh pemiliknya terutama disekitar wilayah vital Ring 1 Bandara Syamsuddin Noor akan dilakukan pendataan kepemilikkannya kembali oleh Pemrov Kalsel untuk antisipasi terjadinya Karhutla di wilayah vital Kalsel” kata Bambang Marwanto dan dalam perda akan memuat sanksi sanksi baik sanksi adminitrasi maupun lainnya.

Bambang Marwanto juga menginformasikan rencana aksi bidang PKSDAE Dishut Kalsel di seksi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada bulan Mei 2024 diantaranya Patroli dan Sosialisasi terkait Pengendalian Karhutla di Kalimantan Selatan. “Di bulan ini rencana aksi kami juga tertuju untuk pembuatan sekat bakar di wilayah Gunung Sianjal yang berada dikawasan Tahura Sultan Adam dalam rangka pengendalian dan antisipasi Karhutla Tahun 2024” pungkas Bambang Marwanto.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!