DINAS KEHUTANAN KALSELHOT NEWSKALSEL

Dishut Kalsel Inventarisir Rehabilitasi DAS Jambu Mete

PESISIR MEDIA.COM, BANJARBARU-Jambu mete atau jambu monyet (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki “buah” yang dapat dimakan. Jambu mete juga dikenal karena bentuknya yang mirip dengan hidung monyet bekantan asal Kalimantan; bijinya biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan.

Dinas Kehutanan melalui program Revolusi Hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dengan kegiatan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai dengan jenis tanaman Jambu Mete yang tersebar di beberapa Kabupaten Di Provinsi Kalimantan Selatan kini sudah memasuki masa produksi sehingga Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Fathimatuzzahra, S.Hut., MP melakukan rapat internal mengenai inventarisasi luasan pohon produktif Jambu Mete.

“Kita akan rencanakan inventarisir hasil rehabilitasi daerah aliran sungai dengan jenis tanaman jambu mete, kedepannya kita akan mencari hilirnya untuk produksi jambu mete tersebut baik itu dalam bentuk mentah atau produk turunan dari jenis jambu mete itu sendiri, hal ini guna mempermudah masyarakat dalam menjual hasil usahanya tersebut sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat sekitar hutan menjadi lebih baik”ungkap Kadishut Provinsi Kalsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!