TANAH BUMBU

Kembali Meraih Juara Lomba B2SA, Ketua PKK Kecamatan: Pentingnya Kerjasama Tim

BATULICIN, TP PKK Kecamatan Sungai loban berhasil meraih juara lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) kategori keluarga Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (15/6/2023).

Ketua PKK Kecamatan Sungai Loban Lasma Asih Agus Salim mengungkapkan rasa syukur karena TP PKK Kecamatan Sungai Loban kembali meraih juara 3 lomba B2SA kategori “Menu Keluarga”, yang sebelumnya juga berhasil meraih juara 2 lomba masak serba ikan kategori menu keluarga tingkat Kabupaten, yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan.

Raihan prestasi tersebut juga berkat dari hasil kerjasama dan kerja keras semua peserta dari TP PKK Desa Tri Mulya dan TP PKK Kecamatan, sehingga Kecamatan Sungai Loban kembali meraih prestasi di tingkat Kabupaten.

Ia berharap para kader PKK Kecamatan dan Desa terus berinovasi menciptakan masakan sehat bergizi tinggi berbahan pangan lokal sebagai salah satu upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting, sesuai dengan tema lomba yakni “gerakan makan enak, makan sehat, makan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), suka sayur dan buah”.

Serta dengan membiasakan mengkonsumsi menu B2SA dirumah tangga, untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu bebas stunting.

Adapun empat menu yang ditampilkan yakni menu pagi si bule huga (singkong, buncis, lele, tahu dan buah naga) dan minuman susu kacang hijau, menu makan siang yakni tikar terbang (tiwul bakar sate lilit haruan, dan sayur lodeh belinjo jagung) dan minuman timun serut jeruk sirup pandan.

Kemudian menu makan malam yakni steak Aladin (ayam, telur, ketela rambat orange, tempe dengan buncis jagung) dan minuman sereh lemon selasih, selanjutnya menu PMT yakni scutel Jasmine elit (jagung, ayam, susu, margarine, ubi kuning, daun katu, telur dan serbuk kulit telur), dan minuman kelapa muda, cincau hijau, madu aren).

Sementara itu, Ketua PKK Desa Tri Mulya Suliyah mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas raihan presrasi yang diterima, karena PKK Desa Tri Mulya merupakan kali pertama mewakili Kecamatan Sungai Loban dalam lomba B2SA Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan anggota TP PKK Kecamatan serta semua kader PKK Desa atas pembinaan, bimbingan arahan dan kerjasama tim dalam menciptakan inovasi makanan dan minuman yang enak, sehat, beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!