HOT NEWSTANAH BUMBU

Resmikan Pura Puseh, Abah Bupati Zairullah: Membangun Tanbu dengan Semangat Religi dan Toleransi

BATULICIN, Resmikan Pura Puseh, Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar mengungkapkan peresmian pura merupakan salah satu tujuan bersama dalam membangun Tanah Bumbu dengan semangat religi dan toleransi beragama diantara perbedaan keyakinan.

Dalam peresmian Pura Puseh dan Dese Dusun Merta Buana Desa Sari Utama Kecamatan Sungai Loban, Bupati didampingi Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag,.M.AP dan tokoh adat Hindu setempat yang ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian serta pemukulan gong, Kamis (15/06/2023).

Peresmian tersebut juga dihadiri Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) tingkat Provinsi Kalsel, Kabupaten dan Kecamatan, kemudian dihadiri Kapolres Tanbu, Danramil dan undangan lainnya.

Sesuai dengan motto “Kabupaten Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah”, Bupati mengajak semua masyarakat untuk terus mendekatkan diri dengan Tuhan dan berdoa serta bersyukur.

Abah Bupati berharap semua agama hidup dan terus berkembang, dan iya yakin dengan kekuatan agama segala tantangan, masalah maupun persoalan terkait teknologi dan lainnya bisa diatasi bersama.

Selain itu, Peresmian Pura Puseh dan Dese Dusun Merta Buana Desa Sari Utama yang telah diresmikan Abah HM. Zairullah Azhar, dua hari sebelumnya sudah diresmikan secara spiritual dan faktual (sekala dan niskala) serta upacara dengan upakara resi gana dan ngenteg linggih yang dipimpin oleh Pandita atau Ida Pedanda Putra Bajing dari Serinde Sebamban Lima.

Peresmian yang dilakukan oleh Bupati adalah wujud peresmian Guru Wisesa (Kepala Daerah), karena Hindu percaya dengan adanya catur guru guru rupa kau adalah orang tua, guru pengajian adalah guru yang mengajar disekolah, guru wisesa adalah guru pemerintahan, guru swadiyaya adalah Sanghyang Widi/ Tuhan Yang Maha Esa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!