HOT NEWSTANAH BUMBU

Miris, Satu Keluarga Miskin di Tanbu Derita Penyakit Tanpa Penanganan Medis

PESISIR MEDIA.COM – Kusan Hilir Tanah Bumbu, IBarat peribahasa “Sudah jatuh tertimpa tangga”, mungkin menjadi sebuah pepatah tepat untuk menggambarkan nasib Amil (42) warga Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.

Pasalnya, Amil yang diketahui warga setempat sejak lama merawat ibundanya, Hafiah (63) yang menderita penyakit, justru harus juga mengalami hal sama .

Mirisnya, satu keluarga yang kurang mampu atau miskin ini tidak mendapatkan perawatan medis yang layak. dan hal ini sangat ia butuhkan bersama sang ibu.

Sementara Salah satu warga setempat, Yurdi mengaku menemukan Amil tergolek lemas di luar rumahnya dalam kondisi tanpa busana.

“Kemungkinan sudah 3 hari Amil sakit ini,” kata Yurdi saat dikonfirmasi, Selasa (22/8/2023).

Yurdi menjelaskan, awalnya kedatangannya berniat untuk menjenguk Hafiah yang sejak lama menderita penyakit dan dirawat oleh Amil.

“Saya melihat tergolek lemas itu hari Minggu siang. Amil tidak bisa diajak komunikasi. Akhirnya saya minta tolong warga untuk membawa masuk ke dalam rumah,”.

Menurut pihak keluarga, sakit yang diderita Amil dan ibunya ini belum diketahui.

Lebih lagi, lantaran terhimpit faktor ekonomi, keduanya hanya bisa berobat tradisional dan belum pernah mendapat penanganan medis yang layak.

“belum pernah dirawat intensif, hanya berobat kampung,” terang pihak keluarga.

Berprofesi sebagai petani, Amil diketahui merupakan tulang punggung satu keluarga bersama ibunya Hafiah dan ayahnya Sahruddin Idris (66).

Kesehariannya, Amil merawat Hafiah yang menderita penyakit sejak 3 tahun lalu.

Sementara, ayahnya Sahruddin Idris lantaran berusia lanjut, tidak dapat membantu Amil bahkan untuk sekedar mengurus rumah.

Menanggapi kondisi yang dialami Amil dan orang tuanya, Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu asal Daerah Pemilihan 2 (Kecamatan Kusan Hilir, Kusan Tengah, Sungai Loban), Fawahisah Mahabatan merasa perihatin bercampur kecewa sebagian warga yang sedang penderita penyakit tak tersentuh program pemerintah.

Menurut dia, Pemerintah Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir saat ini dipimpin oleh pejabat sementara (Pj) Kepala Desa (Kades) berstatus ASN utusan pemerintah daerah.

“Saya heran kok warga miskin sakit tidak ditangani dan terkesan dibiarkan tanpa perawatan medis yang layak,” prihatin dia.

Tanpa pikir panjang, Fawahisah langsung berkoordinasi dan memboyong petugas Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan setempat mengunjungi satu keluarga miskin penderita penyakit tersebut.

“Kita salut dengan respon baiknya, dengan gerak cepat melakukan tracking dan berkunjung bersama setelah laporan warga,” salut Fawahisah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!