HOT NEWSPOLITIK

Mulai Hari Ini Pendaftaran Bakal Caleg Pemilu 2024

Pesisirmedia.com, JAKARTA – Mulai hari ini, Senin (1/5/2023) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan akan mulai menerima pendaftaran bakal caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari menyatakan pihaknya telah menyurati para partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 untuk meminta rencana pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Intinya meminta partai politik untuk menyampaikan surat kepada KPU menginformasikan tentang kapan hari, tanggal, dan perkiraan jam akan hadir ke kantor KPU untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif,” kata Hasyim pada konferensi pers di Kantor KPU RI Jakarta, Minggu, yang disimak melalui kanal YouTube KPU RI.

Hal itu dilakukan agar KPU dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin ketika para parpol tiba melakukan pendaftaran bakal caleg Pemilu 2024.

Hasyim menambahkan untuk KPU RI, pihaknya telah menyiapkan ruang rapat utama di lantai dua Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol Nomor 29 Jakarta Pusat sebagai tempat penerimaan pendaftaran bakal calon anggota DPR RI.

Selain itu, di lantai satu di gedung yang sama KPU juga menyediakan help desk atau meja informasi yang bisa didatangi parpol, apabila membutuhkan konsultasi berkenaan dengan prosedur pendaftaran bakal caleg.

KPU sebelumnya mengumumkan akan menerima pendaftaran bakal caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota untuk Pemilu 2024 pada 1—14 Mei 2023 atau dimulai Senin (1/5).

Pendaftaran bakal calon anggota DPR RI oleh parpol dan bakal calon anggota DPD RI dilakukan di kantor KPU RI, sedangkan bakal calon anggota DPRD Provinsi di kantor KPU provinsi masing-masing, demikian juga untuk bakal calon anggota DPRD kabupaten/kota di KPU kabupaten/kota masing-masing.

KPU juga menegaskan untuk pendaftaran bakal calon anggota DPD RI hanya bisa dilakukan oleh 700 bakal calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran untuk mengikuti Pemilu 2024.

Proses pendaftaran dilayani dengan jam operasional pukul 8.00 — 16.00 waktu setempat untuk tanggal 1—13 Mei dan pukul 8.00 — 23.59 waktu setempat untuk tanggal 14 Mei.

Pemilu 2024 diikuti 18 parpol dan enam partai lokal Aceh yang telah ditetapkan sebagai peserta.

Sebanyak 17 parpol ditetapkan pada 14 Desember 2022 selepas dinilai memenuhi syarat tahapan verifikasi faktual. Sedangkan satu parpol lain ditetapkan menyusul per 30 Desember 2022 setelah mengikuti verifikasi faktual ulang atas hasil mediasi yang difasilitasi Badan Pengawas Pemilu RI.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung 14 Februari 2024, yang dilakukan persamaan dengan pemungutan suara untuk Pilpres 2024.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!