TANAH BUMBU

Pasca Lebaran 2022, Peziarah Padati Pemakaman Umum di Kabupaten Tanah Bumbu

Pesisirmedia.com, BATULICIN – Tradisi ziarah makam di hari Lebaran masih terus berjalan di kabupaten tanah bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Nah di Kabupaten Tanbu, sebagian masyarakat menyempatkan untuk berziarah dan mendoakan anggota keluarga atau kerabat yang sudah meninggal. 

Saat Selasa (3/4/2022), pasca Idul Fitri 1443 H di sejumlah tempat pemakaman umum di wilayah Pagatan, mulai dari Pagaruyung, Kampungbaru, Tanjung Petang, Muara Pagatan Tengah dan Muara Pagatan, banyak dipadati peziarah. 

Misalnya saja di Kuburan Muslimin di Desa Muara Pagatan Tengah, Kabupaten Tanbu, banyak peziarah datang dari Pagatan hingga kabupaten tetangga, yakni Kotabaru. 

Satu di antaranya adalah Masniah, datang bersama ibunya dari Pagatan untuk berziarah ke makam kakak dan kakeknya pasca Lebaran 2022.

Bila tidak bisa menegok secara rutin, setidaknya satu tahun sekali bisa berziarah ke kubur membersihkan makam hingga mendoakannya. 

“Ini sebuah kebiasaan, apalagi di hari Lebaran, meluangkan waktu khusus, ” katanya. 

Peziarah lainnya, Lisna, mengaku sebagai orang Bugis biasanya bersama keluarga memang meluangkan waktu untuk berziarah.

“Setiap tahun, kami pasti ziarah. Tidak pernah ketinggalan. Kami doakan untuk almarhum, ” katanya. 

Sementara itu, Andol yang merupakan warga setempat, mengaku, peziarah di hari Lebaran memang selalu ramai tiap tahunnya.

“Selalu ramai para peziarah. Hari kedua Lebaran, biasanya paling ramai, bisa kayak pasar, saking banyaknya peziarah yang datang,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!