TANAH BUMBU

Pemerintah Kecamatan Sungai Loban Gelar Rakor Sekaligus Evaluasi 1D1M

PESISIR MEDIA.COM BATULICIN, Dalam rangka mensukseskan program satu Desa satu masjid (1D1M), Pemerintah Kecamatan Sungai Loban menggelar rapat koordinasi (rakor) sekaligus evaluasi bersama seluruh Kepala Desa, Kepala Sekolah SD dan SMP, serta ustadz dan ustadzah se Kecamatan Sungai Loban, yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan, Kamis, (13/07/2023).

Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag,.M.AP menyampaikan pelaksanaan program satu desa satu Masjid (1D1M) di Kabupaten Tanah Bumbu sudah berjalan selama satu tahun, dan pelaksanaannya terjadi dinamika terkait kehadiran anak-anak, dalam suatu waktu terjadi peningkatan dan waktu lainnya terjadi penurunan jumlah anak.

Camat mengajak semua pihak untuk ikut serta terlibat dalam mensukseskan program 1D1M, sehingga dalam rakor sekaligus evaluasi ini diharapkan ada keputusan bersama ataupun kebijakan, sebagai penguatan dalam pelaksanaan 1D1M.

Selain itu, Camat juga memberikan masukan untuk melakukan penguatan di perangkat desa dengan menyusun jadwal pengawasan, kemudian penguatan kepada Ustadz dan Ustadzah apa saja yang perlu dilakukan dan dievaluasi dalam pelaksanaan 1D1M, sehingga orang tua anak yakin bahwa kegiatan anak yang menginap sudah dalam pengawasan dan keamanan yang terjaga.

Camat berharap generasi muda Tanah Bumbu menjadi generasi Qur’ani dan generasi berilmu, karena apabila ingin mendapatkan bekal akhirat maka perlu ilmu, dan apabila menginginkan dunia maka memerlukan ilmu, dan jika menginginkan keduanya maka dengan ilmu.

Kepala Desa Damar Indah Sanusi, menambahkan pelaksanaan 1D1M di desanya masih berjalan, hanya saja terjadi pengurangan jumlah anak di tingkat SMP, karena pergaulan untuk anak-anak di Tingkat SMP sudah lebih luas sehingga sedikit lebih sulit untuk diajak dan diarahkan.

Sanusi berharap kerjasama para Kepala Sekolah dan Dewan Guru bagaimana anak-anak mau ikut terlibat dalam 1D1M, dengan komitmen bersama makan 1D1M akan berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Sebamban Baru menyampaikan pihaknya siap mendukung program 1D1M, dan akan memberikan pengawasan secara bergilir/berkala dalam pengawasan pelaksanaan 1D1M.

Rakor diisi dengan diskusi bersama terkait evaluasi bagaimana cara menyelesaikan masalah yang terjadi dilapangan secara teknis dan solusi dalam mensukseskan program 1D1M dengan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!