EKONOMIHOT NEWSKALSELPEMERINTAHANTANAH BUMBU

Penyangga IKN: Kunker Tanah Bumbu ke Kementerian Pertanian

PESISIR MEDIA.COM, BATULICIN – Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kementerian Pertanian di Jakarta.Kunker di pimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Ambo Sakka, Rabu (5/6/2024), dengan tujuan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian.Kunker tersebut dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait pengembangan pertanian dan ketahanan pangan di Tanah Bumbu.

“Ini penting di laksanakan. Mengingat Tanbu sebagai penyangga IKN,” ujar Sekda.Tanbu juga di tetapkan sebagai Kawasan Perdesaan Agropolitan oleh Kemendes PDTT dan memiliki tugas penting menyediakan kebutuhan pokok seperti beras.

Ia juga menyampaikan rencana pembangunan bendungan di Tanah Bumbu yang telah mendapat persetujuan dari Kementerian LHK.

“Kami mohon petunjuk dan arahan dari Pak Dirjen. Mengingat ini juga bagian dari tugas negara. Karena Tanah Bumbu menjadi kawasan agropolitan dan penyangga IKN,” ujarnya.Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Ali Jamil, menyambut baik kunjungan rombongan Pemkab Tanah Bumbu tersebut.

Ia juga mendukung rencana pembangunan bendungan di Tanah Bumbu.Ia berharap agar jaringan irigasi bendungan dapat mengalir ke sawah-sawah masyarakat.“Hal ini penting mengingat banyak bendungan di Indonesia yang tidak memiliki jaringan irigasi,” katanya.

Adapun rombongan Pemkab Tanbu yang melaksanakan Kunker terdiri dari Camat Kusan Hilir, Kusan Tengah, Teluk Kepayang, dan Kuranji, serta Kepala Desa dari masing-masing kecamatan yang di tetapkan sebagai Desa Agropolitan. (Fit)

Sumber : https://mc.tanahbumbukab.go.id/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!