HIBURANHOT NEWSKALSELTANAH BUMBU

Tanah Bumbu ternyata punya 4 Desa mu

PESISIR MEDIA COM Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai Desa wisata terindah yang selalu ramai pengunjung atau wisatawan.

Ada empat Desa Wisata terindah di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan yang menawarkan keindahan alam serta keragaman budaya yang unik.

Empat Desa wisata terindah di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki beragam paket wisata yang bisa pengunjung pilih.

Selain itu, fasilitas yang disediakan di setiap Desa wisata cukup lengkap.

Penasaran, Desa wisata terindah apa saja yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan?

Dilansir OkeTanbu, Pikiran Rakyat Media Network dari laman jadesta.kemenparekraf, berikut Desa Wisata terindah di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

1. Desa Wisata Agro Technopark

Terletak di Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Agro Technopark merupakan suatu gagasan dalam menerapkan konsep multifungsi pertanian. sehingga Agro Technopark dapat di artikan sebagai penerapan suatu konsep sistem pertanian dan dikonsepkan sebagai Taman Edukasi, memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi dan hubungan usaha pertanian.

Melalui pengembangan agro technopark yang menonjolkan budaya lokal dalam memanfaatkan lahan, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sambil melestarikan sumber daya alam, serta memelihara budaya maupun technologi lokal yang umumnya telah sesuai dengan kondisi lingkungan alaminya.

2. Gua Liang Bangkai

Terletak di Desa Dukuh Rejo, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Goa Liang Bangkai merupakan tempat wisata Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang terkenal sebagai sebuah komplek wisata alam goa.

Diksi “komplek” menjadi sebuah pertanda bahwa di tempat tersebut terdapat lebih dari satu goa. Setidaknya terdapat 7 goa yang berbeda-beda ukuran.

Goa Liang Bangkai diproyeksikan menjadi sebuah destinasi wisata alam dunia pada tahun 2025. Hal itu semakin dipertegas dengan dukungan dari pemerintah pusat, maupun pemerintah tingkat provinsi.

Lokasi Goa Liang Bangkai yang berada di kaki Gunung Meratus menjadikannya komplek goa yang dikelilingi oleh view alam yang masih asri, dan eksotis.

3. Pesisir Pantai

Terletak utamanya di Desa Pejala, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan disepanjang jalan provinsi juga terdapat pantai

Berikut ini daftar pantai di Kabupaten Tanah Bumbu

Pantai Pagatan
Pantai Pagatan merupakan salah satu pantai di Kabupaten Tanah Bumbu yang dikenal karena ada festival Pesta Laut Mappanretasi. Acara tersebut rutin dilaksanakan satu tahun sekali, biasanya dihelat pada bulan April.

Pantai Rindu Alam
Pantai Rindu Alam berada di Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir, letaknya sekitar 7 km dari pusa kota Pagatan. Pengunjung yang datang ke wisata ini cukup membayar retribusi sebesar Rp 5.000. Fasilitas yang disediakan pun lengkap, antara lain kamar mandi, gazebo dengan berbagai ukuran, arena bermain anak-anak, dan kolam renang.

Selain bisa menikmati pasir putih dan deburan ombak, pengunjung juga bisa menikmati semilir dari pohon pinus yang tumbuh di dekat pantai.

Siring Pagatan
Destinasi Siring Pagatan, merupakan wisata pantai yang berada tepat disamping Jalan Nasional di Desa Sungai Lembu Kecamatan Kusan Hilir.

Pantai ini memiliki pasir putih, biasanya pengunjung yang datang akan memilih bermain air, pasir hingga menikmati kuliner yang tersedia. Kuliner yang banyak diminati di pantai ini, yaitu Pisah Gapit dan Pentol Ikan.

Pantai Madani
Pantai Madani merupakan pantai yang biasa digunakan umat Hindu untuk upacara Melasti. Terletak di Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu pengunjung yang datang di pantai ini dapat menikmati pantai dengan duduk-duduk di gajebo, bermain ATV, banana boat, hingga menikmati kuliner yang tersedia.

Pantai Angsana

Pantai Angsana merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Tanah Bumbu. Lokasinya yang berada di Kecamatan Angsana ini terletak tepat di belakang perkebunan kelapa sawit. Di pantai ini pengunjung yang datang biasanya menikmati keindahan bawah laut dengan snorkling dan diving. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai surga para pemancing.

Pantai Wahana Batu Buaya
Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Sungai Cuka, lantaran terdapat patung buaya sehingga sering juga disebut sebagai Pantai Batu Buaya.

Keunikan di pantai ini adalah kehadiran terumbu karang yang muncul ke permukaan ketika air laut mulai surut. Selain biasa digunakan sebagai tempat camping, pengunjung yang datang di pantai ini juga bisa berenang di kolam renang serta bermain banana boat. Jika terasa lapar, pengunjung bisa menikmati kuliner yang tersedia di warung-warung sekitar pantai.

4. Pulau Burung

Terletak di Desa Pulau Burung, Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Wisata tersebut terletak di Selat Laut yang memisahkan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Laut. Namun, letak administratif berada di Tanah Bumbu.

Untuk bisa sampai ke sana, hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit. Wisatawan bisa menggunakan kapal penumpang yang telah disiapkan oleh pengelola, di Jalan Borneo, Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat.

Kawasan ini memiliki formasi ekosistem pantai, mangrove dan hutan dataran rendah yang merupakan habitat bekantan serta berbagai jenis burung, termasuk burung terestrial dan burung pantai.

Di kawasan ini juga ada beberapa satwa liar yang dilindungi seperti bekantan, burung kangkareng perut putih dan rangkong badak yang dapat dijumpai. Namun, satwa liar tersebut tidak boleh diganggu.

Demikian Desa Wisata terindah di Kabupaten Tanah Bumbu yang bisa dijadikan tempat untuk berlibur.***

Sumber : Oke tanbu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!