TANAH BUMBU

BLK Tanbu gelar pelatihan kerja berbasis kompetensi tahap dua

Pesisirmedia.com, BATULICIN – Pemerimntah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi tahap dua.

Pelatihan tersebut dibuka Bupati HM Zairullah Azhar melalui Kepala UPTD BLK Tanbu Riza Akhyari di Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin, Selasa (16/5/2023).

“Pelatihan ini sejalan dengan salah satu program yang terus ditekankan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,” sebut Riza Akhyari.

Dikatakannya, pelatihan berbasis kompetensi ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan berbasis kompetensi kepada pencari kerja, sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja setelah menyelesaikan pelatihan di BLK.

Menurutnya, pada pelatihan tahap kedua ini ada pelatihan instalasi listrik bangunan, pembuatan roti dan kue, administrasi perkantoran, computer operator assistant, pemeliharaan kendaraan injeksi, dan desain grafis.

“Pelatihan tahap dua ini sebanyak 6 kejuruan. Dimana setiap kejuruannya berjumlah 16 orang peserta. Durasi latihannya berlangsung selama 1 hingga 2 bulan dan akan dimulai 22 Mei 2023,” ungkapnya.

Adapun tema dari pelatihan ini adalah Untuk Menjadi Pekerja Amanah dan Berkah Belajar di BLK atau disingkat “Ujar Abah, Belajar di BLK”.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Ketua BLK Tanah Bumbu juga menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terlaksananya program pelatihan ini.

“Diharapkan melalui kegiatan pelatihan berbasis kompetensi ini dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi perekonomian masyarakat di Bumi Bersujud dan mendukung misi pemerintah daerah dalam mewujudkan SDM yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia,” ucap Bupati yang diwakili Ketua BLK Tanbu, Riza Akhyari.

Hadir selaku Narasumber, Ustadz Hidayatullah menyampaikan bahwa kerja itu sama pentingnya dengan beribadah.

“Jangan sampai melupakan ibadah selagi bekerja. Sebaliknya, jangan melupakan bekerja dan mementingkan ibadah. Karena keduanya itu tanggung jawab.”

Ada 4 poin utama yang disampaikan oleh Ustadz Hidayatullah. Pertama, ubahlah niat bekerja untuk mengangkat derajat keluarga. Kedua, Berusahalah bermanfaat bagi orang banyak. Ketiga, jujur dan amanah dalam bekerja, sehingga menjadi keberkahan. Keempat, jangan melupakan sang pemberi kekayaan, senantiasa berdoa kepada Allah maha memberi kekayaan. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!