DINAS KEHUTANAN KALSEL

GAPOKTAN SE MUARA UYA DILATIH PENGOLAHAN LAHAN TANPA BAKAR (PLTB)

KPH Tabalong Senin, 15 Mei 2023 –

Seksi Perlindungan Hutan (Linhut) KPH Tabalong menghadiri undangan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong

Dalam acara tersebut KPH Tabalong Menjadi Narasumber yaitu Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar, dimana acara ini merupakan pra-pembentukan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA). Kegiatan kali ini bertempat di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong.

Dalam kesempatan tersebut, Aris Setiawan selaku Kepala seksi Perlindungan Hutan memaparkan materi tentang Penyadartahuan Pencegahan Karhutla serta bagaimana cara pembukaan lahan tanpa bakar.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah anggota Gapoktan Kecamatan Muara Uya yang dibina oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong.

“Setelah di laksanakan sosialisasi tersebut ini, harapannya Kelompok Tani bisa mengajukan proposal untuk di bentuk Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) sebagai ujung tombak dalam penanganan karhutla di tingkat tapak” Ujar Aris Kasi Linhut KPH Tabalong.

Mengingat pemerintah telah membuat regulasi tentang larangan pembakaran hutan dan lahan, dalam Pasal 22 Angka 24 UU No.11 Tahun 2020 Ciptaker, UU PPLH, UU Perkebunan serta UU Kehutanan.

“Salah satu upaya dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat untuk membuka lahan dengan cara tidak dibakar. Kan kita tidak boleh hanya melarang tapi juga harus memberikan solusi” ujar Heriyadi Selaku Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!