DINAS KEHUTANAN KALSEL

Jelang Acara Penanaman, Dishut Kembali Matangkan Persiapan Penanaman Hari Bhakti Rimbawan ke-40

Banjarbaru – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimanan Selatan kembali adakan rapat persiapan acara penanaman dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan ke-40 sekaligus Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023 yang direncanakan akan dilaksanakan di lahan milik Pemprov Kalsel di Jalan Golf Kecamatan Landasan Ulin Utara Kabupaten Banjarbaru pada tanggal 16 Maret 2023 mendatang. Rapat persiapan tersebut dilaksanakan di Aula Rimbawan 1 Dishut Kalsel, Senin pagi (13/3). Dilaksanakannya rapat persiapan acara penanaman Hari Bhakti Rimbawan ke-40 tersebut juga dalam rangka untuk menggelorakan semangat Revolusi Hijau di Kalimantan Selatan.

Rapat tersebut dibuka oleh Sekretaris Dishut Kalsel Kinta Ambarasti, dihadiri para esselon 3 dan 4 Dishut Kalsel, perwakilan BPHL IX Banjarbaru dan BPDASHL Barito . Dalam sambutannya Kinta menyampaikan bahwa pelaksanaan penanaman Hari Bhakti Rimbawan tersebut akan dilaksanakan di lahan milik Pemprov Kalsel dengan luas lahan sekitar 23 HA berada dijalan Golf kecamatan landasan ulin utara kabupaten banjarbaru.

“Mengingat pada tanggal 16 Maret 2023 ini kita akan melaksanakan kegiatan penanaman ‘Hari Bhakti Rimbawan ke-40’ saya kira perlu kita persiapkan jauh-jauh hari agar terlaksana dengan baik dan lancar. Untuk acara penanaman nanti kita sudah siapkan lahan dengan luas 23 HA yang berada dikawasan lahan milik Pemprov Kalsel yang berada dijalan golf, untuk kegiatan penanaman serentaknya nanti kita akan gunakan sekitar 6 HA dari 23 Ha luas lahan yang sudah kita siapkan. Hal ini juga artinya menunjukkan bahwa Pemprov Kalsel sangat mendukung dan memperhatikan pemulihan lingkungan melalui kegiatan penanaman ini” kata Kinta Ambarasti.

Rapat dilanjutkan oleh Kabid Pengendalian Daerah Aliran Sungai, Rehabilitasi Hutan dan Lahan (PDASRHL) Dishut Kalsel Alip Winarto untuk menyampaikan paparan mengenai teknis kegiatan acara penanaman Hari Bhakti Rimbawan ke-40.

“Mengenai teknis acara penanaman serentak nanti kita sudah rencanakan akan menyiapkan sekitar 2.000 batang bibit tanaman jenis Pulai untuk ditanam, untuk persiapan acara kita juga sudah melaksanakan pembukaan lahan dengan luas 23 Ha, pemasangan tiang ajir dilobang tanaman, dan pemasangan tenda. Di Acara tersebut nanti juga diadakan kegiatan MoU antara pemegang izin industri dengan Kelompok Tani Hutan yang bertujuan untuk mengakomodir bahan baku industri dan menjadikan Kalsel sebagai Sentra Kayu”, kata Alip Winarto.

Direncanakan Penanaman Hari Bhakti Rimbawan ke-40 tersebut akan dipimpin langsung oleh orang nomor satu di Kalimantan Selatan yaitu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau yang akrab disapa ‘Paman Birin’ bersama Kadishut Prov Kalsel Hj. Fathimatuzzahra diikuti Instansi vertikal Kementerian LHK, SKPD lingkup Pemprov Kalsel, Forkopimda Provinsi Kalsel, Pemegang Perizinan Berusaha Pengolahan Hasil Hutan (PBPHH), Pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), hingga Pelajar dan para Mahasiswa DiKalimantan Selatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!