TANAH BUMBU

Sebanyak 17 Desa Ikuti Sosialisasi Indeks Kesalehan Sosial

Pesisirmedia.com, Sebanyak 34 Pengurus Tempat Ibadah di 17 Desa se-Kecamatan Sungai Loban mengikuti sosialisasi dan pengisian kuesioner indeks kesalehan sosial yang di selenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu, di Aula Kantor Kecamatan Sungai Loban, Rabu (15/02/2023).

Dibuka secara langsung Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag,.M.A.P diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Muhammad Zainudin, S.Ag menyampaikan kepada peserta untuk peka terhadap kondisi sosial masyarakat, sehingga mampu mengajarkan kita untuk berempati dan bersimpati atas kekurangan yang dirasakan orang lain.

Sebagai contoh, menahan lapar dan haus selama berpuasa mendidik kita betapa keadaan itu juga dialami mereka yang kurang beruntung, merasakan hal serupa sebagaimana dirasakan orang lain mendorong kita agar senantiasa menolong sesama.

Kesalehan sosial merupakan tanggungjawab bersama, bagaimana menciptakan kesalehan atau kebaikan-kebaikan baik diri sendiri dan lingkungan sekitar, jadi jika kesalahen individu dapat disebut dengan habluminallah dan kesalehan sosial disebut dengan Habluminannas.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pyahartati Dewi, SE,.MM, dalam sambutannya mengungkapkan
maksud dan tujuan untuk sosialisasi dan pengisian kuesioner untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kesalehan sosial.

Kemudian mengetahui kondisi eksisting kesalehan sosial masyarakat dan mengetahui pengetahuan masyarakat beragama tentang ibadah sosial, untuk mengukur indeks kesalehan sosial.

Hal ini merupakan capaian visi dari Bupati Tanah Bumbu “Mewujudkan Tanah Bumbu yang Maju, Unggul, Religius dan Demokratis” dan merupakan penjabaran dari misi yakni “mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia”.

Adapun sasarannya untuk mengindentifikasi dan menganalis pengetahuan masyarakat beragama tentang beribadah sosial, karena hal ini tidak hanya berhubungan dengan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa melainkan dengan sesama manusia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!